Misi & Prinsip

Seluruh staf dan karyawan PT Sumitomo Indonesia wajib mematuhi Pernyataan Misi Perusahaan Sumitomo Corporation Group yang terdiri atas Prinsip-prinsip Manajemen dan Pedoman Kerja. Prinsip-prinsip Manajemen dan Pedoman Kerja berdiri sebagai fondasi, sebagai standar nilai yang sangat esensial dalam menjalankan seluruh kegiatan bisnis perusahaan.

Prinsip-prinsip Manajemen mengacu pada Filosofi Bisnis Sumitomo yang telah ada sejak lebih dari 400 tahun yang lalu. Pedoman Kerja adalah garis besar dari Prinsip-prinsip Manajemen Sumitomo yang harus dipatuhi oleh seluruh staf dan karyawan.

Filosofi Bisnis Sumitomo dan Pernyataan Misi Perusahaan Sumitomo Corporation Group merupakan tulang punggung untuk menjamin pertumbuhan yang berkelanjutan bagi perusahaan. PT Sumitomo Indonesia menerapkan kedua hal mendasar tersebut dalam kegiatan operasionalnya sehari-hari.

Visi Perusahaan

Menjadi sebuah organisasi global yang senantiasa selangkah lebih maju dalam menghadapi perubahan, menciptakan nilai baru, dan berkontribusi secara luas kepada masyarakat.

Prinsip - prinsip Manajemen

Misi Perusahaan
Meraih kesejahteraan dan mewujudkan impian melalui aktivitas bisnis yang terpercaya.

Pola Manajemen
Mengutamakan integritas dan manajemen yang terpercaya di atas segalanya dengan menjunjung tinggi kepentingan individu.

Budaya Perusahaan
Menumbuhkan budaya perusahaan yang penuh dengan kekuatan dan memajukan inovasi.

Pedoman Kerja

  • Bersikap jujur dan tulus berdasarkan filosofi bisnis Sumitomo dengan tetap menjaga Prinsip-prinsip Manajemen
  • Patuh terhadap hukum dan aturan dengan mempertahankan standar etika yang terbaik
  • Sangat menghargai transparansi dan keterbukaan
  • Sangat memperhatikan perlindungan terhadap lingkungan global
  • Berkontribusi kepada masyarakat sebagai warga negara yang baik
  • Mampu bekerja sama dalam tim dan memadukan kekuatan perusahaan melalui komunikasi yang aktif
  • Mempunyai tujuan yang jelas dan meraihnya dengan penuh kemauan

Filosofi Bisnis Sumitomo

Dasar dari Prinsip-prinsip Manajemen dan Pedoman Kerja PT. Sumitomo Indonesia adalah Filosofi Bisnis Sumitomo, yang telah disempurnakan berdasarkan “Monjuin Shiigaki”, yaitu Ajaran Pendiri tentang bagaimana seorang pedagang harus menjalankan bisnisnya. Monjuin Shiigaki ditulis oleh pendiri keluarga Sumitomo, Masatomo Sumitomo (1585-1652), dan dijalankan sejak masa berdirinya Sumitomo Group hingga saat ini.

Pokok-pokok mendasar yang terdapat pada Filosofi Bisnis Sumitomo telah dirumuskan ke dalam dua pasal Prinsip-prinsip Bisnis.

Prinsip-prinsip Bisnis
Pasal 1. Sumitomo harus meraih kekuatan dan kemakmuran dengan menempatkan integritas dan manajemen yang terpercaya sebagai hal yang utama dalam menjalankan bisnisnya.

Pasal 2. Sumitomo mengelola kegiatan bisnisnya dengan pandangan yang jauh ke depan dan fleksibilitas untuk menghadapi perubahan jaman secara efektif. Namun dalam kondisi apapun, usaha mencari keuntungan sesaat atau tindakan yang dilakukan tanpa perhitungan adalah hal–hal yang sama sekali tidak diperbolehkan.

Pasal 1 menekankan pentingnya integritas yang tinggi, sementara Pasal 2 menegaskan pentingnya memiliki semangat berusaha dengan tekun untuk menghasilkan keuntungan yang tepat dalam waktu cepat, dengan tetap mengikuti perubahan yang terjadi setiap saat dan menginovasi kegiatan operasi bisnis sembari menghindari keuntungan sesaat atau suatu tindakan ceroboh.

Dengan demikian, Filosofi Bisnis Sumitomo diatas menekankan pentingnya semangat usaha untuk senantiasa berada selangkah lebih maju dalam menghadapi perubahan dengan tetap menjaga integritas dan manajemen yang sehat, menghindari keuntungan sesaat, dan bekerja untuk kepentingan umum tanpa terpengaruh perubahan mendadak jangka pendek.

Filosofi ini secara terus-menerus telah membentuk dasar bisnis Sumitomo Corporation Group selama lebih dari 400 tahun.

Filosofi Bisnis Sumitomo yang telah diwariskan sejak masa Ajaran Pendiri ditulis, masih berlaku sebagai prinsip-prinsip abadi yang diterapkan perusahaan-perusahaan Sumitomo Group dalam segala kegiatannya.

Terdapat juga beberapa konsep yang terkandung dalam Filosofi Bisnis Sumitomo.

Konsep yang pertama berbunyi, “Bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain, kepentingan pribadi dan kepentingan umum adalah satu dan sama.” Dengan kata lain, bisnis Sumitomo, selain bermanfaat bagi Sumitomo, juga harus memberi manfaat bagi bangsa dan masyarakat. Konsep ini telah menjadi visi perusahaan yang harus dijalankan oleh PT Sumitomo Indonesia setiap saat.

Konsep yang kedua berbunyi, “Rancangan Besar.” Konsep ini diambil dari manajemen pertambangan tembaga Sumitomo yang menjadi inti bisnis Sumitomo di masa-masa awal yang memerlukan visi jangka panjang dan usaha berkelanjutan. Saat itu Sumitomo sudah menyadari bahwa  masa depan adalah hasil dari pelaku terdahulu atas kegiatan bisnis Perusahaan. Kesadaran ini menghasilkan sebuah pendekatan tentang bagaimana cara memandang bisnis dengan perspektif yang luas dan dalam jangka panjang, bahkan bagaimana cara memandang bisnis supaya bermanfaat bagi seluruh bangsa dan masyarakat.

Konsep yang ketiga berbunyi, “Masyarakat adalah aset terpenting perusahaan.”  Dari waktu ke waktu, pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia selalu menjadi perhatian penting bagi perusahaan.